Jumat, 12 April 2013

Mahasiswa dalam Masyarakat


Peran Mahasiswa dalam Masyarakat


Mahasiswa adalah suatu individu yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Perguruan tinggi adalah suatu wadah yang digunakan mahasiswa untuk mengembangkan intelektual, kemandirian dan sekaligus mengasah kemampuan, yaitu keterampilan yang menuntut mahasiswa untuk berfikir  kritis dalam menanggapi suatu masalah. Oleh sebab itu, mahasiswa tentu harus mampu berfikir secara kritis dan mampu mengubah kondisi masyarakat agar lebih baik.

Fungsi mahasiswa adalah harus mempunyai sifat tanggung jawab atas kesejahteraan masyarakat, harus mandiri dan mahir dalam memperluas ilmu pengetahuan dan mampu mengemban tugas atau kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat. Oleh sebab itu perguruan tinggi dalam pandangan masyarakat adalah sebagai wadah yang menciptakan insan akademis yang mampu melahirkan ide, pemikiran, dan mengembangkan wawasan. Semua itu, di apresiasikan oleh mahasiswa ke pada masyarakat sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat.

Jadi, sebagai mahasiswa tidak seharusnya mementingkan diri mereka sendiri tanpa memperdulikan kehidupan masyarakat di sekitarnya. Karena, dari uraian fungsi mahasiswa di atas jelas bahwa, mahasiswa sangat berperan penting yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat dan diharapkan mampu membagi ilmu yang telah ia dapat dari tempat kuliah.
Ciri khas mahasiswa yang mempunyai intelektual lebih adalah dapat diihat dari cara berfikir maupun ide yang ia kemukakan.

Mahasiswa juga bisa dikatakan sebagai manusia muda maupun calon intelektual. Manusia muda maksutnya, manusia yang masih punya kesempatan yang lebih banyak untuk memperluas pengetahuan dan tidak mengukur resiko yang akan di hadapinya. Dan dikatakan sebagai calon intelekual adalah karena, dengan menempuh pendidikan yang lebih tinggi diharapkan mempunyai intelektual yang lebih, sehingga mampu berfikir secara kritis terhadap persoalan sosial yang sering terjadi. Hal itu dapat tercapai apabila, mahasiswa mencari pokok permasalahan-permasalah yang terjadi sekaligus dapat memberi solusi yang tepat terhadap masalah tersebut, sehingga masalah tersebut dapat terselesaikan.

Selain itu, mahasiswa juga harus disiplin dan mempunyai akhlaq yang baik. Hal demikian sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari maupun kehidupan bermasyarakat. Karena, masyarakat menilai seorang mahasiswa pertama kali adalah sikap ia terhadap masyarakat sekitar. Apabila seorang mahasiswa tidak mempunyai sikap yang baik, meskipun ia mempunyai imu lebih, itu juga tidak akan dibutuhkan oleh masyarakat.
Mahasiswa juga sebagai penerus generasi-generasi sebelumnya yang diharapkan mampu menjaga akhlaq-akhlaq. Mahasiswa sangat disegani oleh masyarakat karena, mereka menganggap mahasiswa adalah sosok yang mempunyai intelektual yang mampu diandalkan dalam segala hal. Tentu saja, hal itu harus diimbangi dengan budi pekerti yang baik sebagai pendukung kepercayaan masyarakat terhadapnya.

Contoh saja, apabila dalam suatu acara yang diadakan oleh suatu masyarakat, tiba-tiba seseorang yang ditugasi untuk mengisi acara tersebut mendadak tidak bisa datang. Tentu saja, pertama yang ditunjuk adalah mahasiswa sebagai penggantinya karena, masyarakat sangat percaya terhadap mahasiswa karena sudah dibekali ilmu di perguruan tinggi, tempat ia mencari ilmu. Hal itu, tentu saja harus diterima dengan senang hati sebagai nilai positif terhadap kepercayaan masyarakat ke pedanya.

Dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh mahasiswa, tentu saja tidak bisa disamakan dengan masyarakat atau rakyat biasa. Karena, mahasiswa mempunyai pengetahuan yang lebih dan jarang dimiliki oleh rakyat biasa. Mahasiswa bisa juga sebagai sarana penyampai aspirasi masyarakat terhadap masalah yang mereka hadapi. Itu semua, perlu adanya interaksi atau komunikasi antar masyarakat supaya, masalah yang masyarakat hadapi dapat diketahui sekaligus mampu menciptakan solusi yang tepat sebagai wujud pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat. Contohnya, sebagai penyosialisasi kebijakan pemerintah atas kebikan-kebijakan yang telah disepakati oeh pemerintah.

Kalau dalam masalah ekonomi, mahasiswa diharapkan mampu merubah keadaan perekonomian negara yang semakin memprihatinkan, khususnya dalam syari’ah. Dalam hal tersebut, mahasiswa harus mampu menciptakan sistem hukum yang baik, supaya dapat merubah keadaan masyarakat menjadi lebih baik.

Dapat disimpukan bahwa, mahasiswa sangat berperan penting dalam mensejahterakan masyarakat maupun bangsa. Moral, juga menjadi pilar utama yang harus dimiliki oleh mahasiswa untuk mencapai tujuan dari pada kemajuan maupun kesejahteraan bangsa menuju bangsa yang cerdas dan mampu bersaing dengan bangsa lain.


Oleh: Ahmad Zamroni
Aktifis di Lembaga Studi Islam dan Nasionalisme sekaligus Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Jurusan Tafsir Hadist IAIN Walisongo Semarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar